Selasa, 12 Juni 2012

keadilan hukum & sosial, "sudah adilkah bagi yang 'kecil'..?" (Manusia dan Keadilan)


Pada dasarnya keadilan itu, tidak menindas, tidak memaksakan kehendak,  tidak membiarkan adanya rencana kejahatan terhadap apapun, Hidup dalam harmoni antara satu dengan yang lain. Jangan sombong, tetapi bersosialisasi dengan siapa saja dengan rendah hati, Jangan pernah bijaksana di mata Anda sendiri,  Jika mungkin dapat melkukan semua itu, maka kita sudah dapat dikatakan hidup dengan damai.

Pada jaman sekarang keadilan menjadi salah satu hal yang ternyata sangat sulit didapat, keadilan yang seharusnya menjadi penentu keputusan untuk banyak hal kini menjadi suatu hal yang berharga sangat mahal. Indonesia merupakan salah satu contoh negara berdemokrasi namun minim rasa keadilan. Warga negara indonesia, terlebih khususnya rakyat kurang mampu selalu menjadi korban dari minimnya keadilan di negara ini. Contohnya saja, pernah terjadi kasus warga penghuni rumah susun yang ‘numpang nge-cash’ handphone dikenai tuntutan hukuman, bahkan kasusnya pun dibuat berlarut-larut. Dan masih banyak lagi contoh korban lain dari minimnya keadilan negara yang katanya ‘berdemokrasi ini.
 Hidup menuntut banyak hal, biaya hidup makin menguatkan faktor kebutuhan manusia akan banyak hal, tapi hal itu tidak menjadikan manusia sebagai makhluk yang tidak bermartabat dan mengesampingkan keadilan karena alasan ekonomi dan kelayakan tertentu dari setiap individu. Setiap orang memiliki kewajiban yang sama untuk membangun negara, asalkan diimbangi dengan hak yang pantas diterima oleh tiap-tiap warga negara. Jangan jadikan rakyat kecil seperti ‘keset’ bagi kemerosotan moral sosial dari mereka yang ‘duduk’ atau ‘berdiri’ diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar