Selasa, 12 Juni 2012

Manusia dan Pandangan Hidup


Pandangan hidup adalah bagaimana cara setiap orang melihat tujuan hidupnya sendiri, pilihan-pilihan penting apa yang akan ia ambil untuk melakukan langkah-langkah dalam hidupnya. Pandangan hidup inilah yang kemudian akan menentukan masa depannya. pandangan hidup tidak timbul dalam sekejap atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses yang lama dan berkelanjutan, sehingga didapat  hasil pemikiran yang matang. Hasil pemikiran itu harus dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar itulah manusia menggunakan hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, untuk arah dalam pengambilan langkah  yang disebut pandangan hidup.

                Ada beberapa cara yang dipakai orang dalamt menentukan pandangan hidup, yaitu pandangan hidup yang bersumber dari pemikiran religius, ada pula yang menggunakan cara menentukan pandangan hidup sesuai dengan budaya dan ideologi yang berkembang di daerah tersebut. Pengalaman hidup seseorang juga sangat berpengaruh  dalam menentukan pandangan hidupnya. Namun tidak sedikit juga orang yang menentukan langkah hidup dengan alasan yang salah, ini dapat disebabkan karena orang tersewbut mungkin pernah mendapatkan pengalaman buruk dalam hidupnya, sehingga dalam beberapa kesempatan dia dapat mngambil keputusan yang salah untuk hidupnya.

                Dibutuhkan kematangan pemikiran yang siap untuk mengambi keputusan untuk bertindak. Orang dapat saja menentukan pandangan hidupnya sendiri, namun jangan sampai tidak melibatkan Tuhan dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan agar pandangan dan pilihan hidup yang diambil benar-benar tepat, atau paling tidak, tidak menyebabkan penyesalan dan kekecewaan bgi dirinya sendiri ataupun keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar