Entri Populer

Selasa, 04 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar. Tugas 1.

Definisi “Indifidu”.

Individu yaitu orang atau seorang atau organisme yg hidupnya berdiri sendiri, secara fisiologi ia bersifat bebas (tidak mempunyai hubungan organik dng sesamanya).

Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas.

Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur terdapat dalam dirinya unsur terseut yaitu jasmani, rohani, unsur fisik dan psikis. Tapi jika unsur tersebut tidak ada dalam diri lagi maka orang tersebut tidak individu.

Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah bawaaan individu dari sejak lahir yamng merupakan keturunan contoh ciri fisik, karakter, dan sifat yag bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor fenotip ikut berperan dalam pembentukan karakter ciri khas seseorang.

Definisi “pemuda”.

Definisi yang pertama, Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang.

Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Secara internasional, WHO menyebut sebagai” young people” dengan batas usia 10-24 tahun, sedangkan usia 10-19 tahun disebut ”adolescenea” atau remaja. International Youth Year yang diselenggarakan tahun 1985, mendefinisikan penduduk berusia 15-24 tahun sebagai kelompok pemuda.

Definisi yang kedua, pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda menghadapi masa perubahan sosial maupun kultural.
Sedangkan menurut draft RUU Kepemudaan, Pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Menilik dari sisi usia maka pemuda merupakan masa perkembangan secara biologis dan psikologis. Oleh karenanya pemuda selalu memiliki aspirasi yang berbeda dengan aspirasi masyarakat secara umum. Dalam makna yang positif aspirasi yang berbeda ini disebut dengan semangat pembaharu.

Dalam kosakata bahasa Indonesia, pemuda juga dikenal dengan sebutan generasi muda dan kaum muda. Seringkali terminologi pemuda, generasi muda, atau kaum muda memiliki definisi beragam. Definisi tentang pemuda di atas lebih pada definisi teknis berdasarkan kategori usia sedangkan definisi lainnya lebih fleksibel. Dimana pemuda/ generasi muda/ kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif.

Definisi “Keluarga”.

Keluarga adalah satuan masyarakat yang terkecil, yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Sebuah keluarga dengan seorang ayah, ibu dan anak disebut keluarga inti. Ada kalanya sebuah keluarga inti tinggal bersama dengan kerabat lain seperti adik/kakak suami/istri atau pun orang tua dari salah satu pihak (istri atau suami).

Keberadaan keluarga inti sangat penting untuk diketahui dan jelas statusnya, yang didukung oleh surat-surat seperti KK (Kartu Keluarga), Buku Nikah, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Keberadaan surat-surat ini penting manakala sebuah keluarga akan berhubungan dengan lembaga seperti rumah sakit, misalnya untuk mengurus asuransi kesehatan, Jamkesmas, atau surat lainnya. Walaupun ada kalanya di daerah-daerah tertentu seperti di daerah pedesaan yang cenderung miskin, beberapa keluarga mungkin mengabaikan keberadaan surat-surat ini.

Masyarakat dalam definisi dari beberapa ahli.

Koentjaraningrat

Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Selo Soemardjan

Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama, yang menghasilkan kebudayaan.

Paul B. Horton & C. Hunt

Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

J.L Gillin dan J.P Gillin

Masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama.

Ralph Linton

Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri sendiri dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas.

Anne Ahira

Masyarakat merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu sistem yang semi tertutup ataupun semi terbuka, yang mana interaksi sebagian besar adalah antara perorangan yang berada di dalam kelompok masyarakat tersebut.

Emile Durkheim

Masyarakat adalah suatu sisitem yang dibentuk dari hubungan antar anggota sehingga menampilkan suatu realitas tertentu yang mempunyai ciri-cirinya sendiri.

Karl Marx

Masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.

M.J Herskovits

Masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasi dan mengikuti satu cara hidup tertentu.

Mac Iver dan Page

Masyarakat adalah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia. Keseluruhan yang selalu berubah disebut masyarakat. Masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan masyarakat selalu berubah.

Pengembangan generasi muda.

Banyak generasi muda saat ini mengikuti trend-trend yang tidak sesuai dengan adat kita dan sukarnya untuk bersosialisasi denga masyarakat di sekitar maka

Arah kebijakan pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional menggariskan bahwa pembinaan perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan, sehingga akan meningkatkan pemuda yang berdaya guna dan berhasil guna. Dalam hubungan itu perlu dimantapkan fungsi dan peranan wadah?wadah kepemudaan seperti KNPI, Pramuka, Karang Taruna, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Organisasi Mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi dan organisasi fungsional pemuda lainnya. Dalam kebijakan tersebut terlihat bahwa KARANG TARUNA secara ekslpisit merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda aktif dalam pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan bidang kesejahteraan sosial pada khususnya. Salah satu kegiatan Karang Taruna Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja sedang membuat kerajinan bambu yang diolah menjadi aneka macam alat musik seperti suling, angklung dan sebagainya.

Masalah -masalah generasi muda beserta solusinya.

Tawuran antar sekolah bahkan antar perguruan tinggi yang sudah dijadikan hobi mingguan, maraknya narkoba dikalangan remaja dari mulai pemakai, pencandu, pengedar bahkan ada yang sudah “berhasil” menjadi bandar, meningkatnya jumlah remaja yang melakukan seks pra nikah yang simultan dengan meningkatnya aborsi, membumbungnya perokok dikalangan remaja, maraknya kasus kriminalitas yang pelakunya adalah kalangan remaja dan rendahnya kepedulian remaja terhadap pendidikan adalah potret terbaru generasi muda bangsa dewasa ini.

Melihat kondisi mengenaskan diatas, detik ini pula semua komponen bangsa wajib hukumnya bahu membahu mengatasi berbagai permasalahan generasi muda ini dengan berbagai programnyata yang mampu menjauhkan perilaku, pergaulan dan kebiasaan buruk diatas. Jika didiamkan, tidakmustahil akan menenggelamkan bangsa ini kedalam jurang kehancuran dan menjadi bangsa yang hina dan tidak bermartabat. Bagaimana bisa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, makmur dan sejahtera manakala generasi muda pewaris estafet bangsa terjerumus kedalam perilaku dan pergaulan yang sangat menyimpang.

Mengajak dan mengikutsertakan remaja dalam berbagai kegiatan baik kegiatan yang bersifat sosial maupun kegiatan ilmiah adalah salah satu solusi terbaik dalam menjauhkan remaja dari perilaku dan pergaulan buruk. Membudayakan aktifitas yang bersifat ilmiah akan menjadikan generasi muda kita generasi yang cerdas dalam ilmu pengetahuan, keterampilan maupun santun dalam interaksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar