Entri Populer

Selasa, 01 Juni 2010

rancangan tampilan pintu keluar

Pada aplikasi pintu masuk ini terdapat beberapa komponen seperti textbox nomor area parkir, tombol generate, label lamanya waktu parkir, label jumlah yang harus dibayar, label sisa, label nomor area parkir dan label bantuan seperti label yang bertuliskan “No. area parkir” dan “sisa”.

Textbox nomor area parkir berfungsi sebagai alat input bagi operator yang mengoperasikan aplikasi pintu keluar untuk mengisinya dengan nomor area parkir yang digunakan oleh mobil yang akan keluar, nomor area parkir didapat dari tiket yang diserahkan oleh pengemudi kendaraan tesebut.

Tombol generate berfungsi sebagai tombol eksekusi program. Setelah di nomor area parkir di input pada textbox area parkir, maka tombol generate ini akan berfungsi melakukan query penghapusan data dar database, pembuatan log, perhitungan lamanya sewa lahan parkir, dan perhitungan harga. Dan kemudian hasil dari perhitungan itu ditampilkan pada label label yang sudah disiapkan diatas textbox area parkir.

Label yang bersifat dinamis label nomor area parkir berfungsi sebagai pemberi informasi nomor area parkir mobil yang keluar dari area parkir, nilai ini diperoleh dari hasil input yang dilakukan oleh operator parkir. Label lamanya waktu parkir berfungsi sebagai penunjuk lama parkir yang sudah dihabiskan oleh kendaraan tesebut, nilai ini didapat dari waktu masuk dikurangi dengan waktu keluar. Label harga berfungsi untuk menunjukan kepada operator dan pengemudi jumlah yang harus dibayar oleh pengemudi, nilai ini didapat dari hasil perkalian jumlah sewa perjam dengan lamanya waktu parkir dan bisa ditambah dengan sangsi apabila pengemudi melakukan pelanggaran.

Sedangkan label yang berfungsi sebagai alat bantu seperti label yang bertuliskan “sisa” dan “nomor area parkir” hanya berfungsi sebagai alat bantu bagi operator agar mengurangi kesalahan yang ditimbulkan, misalnya kesalahan input pada textbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar