Selasa, 12 Juni 2012

"kita dapat bangkit dengan perbedaan,kita hanya perlu mencobanya"(Manusia dan Kebudayaan)


Kebudayaan adalah hasil kreasi manusia untuk menjadikan kehidupan lebih baik. Setiap bangsa mempunyai kebudayaan masing-masing yang tentunya berbeda. Yang secara otomatis terbentuk karena cara hidup yang berbeda-beda pula. Kebudayaan itu dapat dilambangkan sebagai identitas suatu daerah atau bahkan negara, Indonesia adalah salah satu negara yang kultur budayanya sangat kental sekali, itulah yang menegaskan mengapa indonesia disebut negara yang berbudaya.

         Keanekaragaman budaya daerah di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke benar-benar mempesona dengan ciri khas masing-masing daerahnya yang memang sangat kental. Bahkan beberapa daerah di Indonesia sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, jadi tidak salah jika dalam beberapa film hollywood ditemukan ada beberapa nama daerah yang disebutkan, misalnya saja Bali, Kalimantan, dan Papua. Itu kebanggaaan yang harusnya membuat kita sebagai anak-anak Indonesia l;ebih menyayangi dan mengenal budaya-budaya di negara sendiri.

             Namun buruknya rasa kebudayaan warga negara ini malah menjadikan adanya pengelompokan-pengelompokan suku dan kebudayaan, perbedaan kebudayaan ini tidak lagi dianggap keanekaragaman, melainkan pemecah antar suku dan daerah, bahkan berimbas hingga ke generasi penerus yang seharusnya membenahi rasa satu nusa satu bangsa di negara ini yang memang semakin hari semakin dipertanyakan. Apa masih ada semangat sumpah pemuda yang tertanam dihati para generasi muda sekarang,seperti yang dimiliki pemuda bangsa ketika memperjuangkan kesatuan Merah Putih dulu...?, ini yang juga selalu jadi PR buat bangsa ini..
  

 
           Bangsa ini sudah cukup tua untuk merasakan lagi panasnya kuping karena teriakan perbedaan, sudah terlalu banyak air mata yang mengalir melihat darah yang harus tumpah karena perbedaan yang seharusnya kita kesampingkan. Sudah sejak lama kita harusnya bangkit..,tp tidak akan pernah ada kata terlambat untuk perubahan ke arah yang lebih baik..

1 komentar: