Entri Populer

Selasa, 01 Juni 2010

rancangan tampilan aplikasi kontrol parkir

Rancangan tampilan aplikasi kontrol parkir

Pada aplikasi pintu masuk ini terdapat beberapa komponen seperti textbox pelanggar, textbox cari, textbox pelapor, textbox hapus, tombol swap, tombol cari, tombol clear, tombol clear all, dan label bantu seperti label yang bertuliskan “swap”, “cari”, “pelanggar”, “pelapor”, “hapus”, “masukan nomor parkirnya, bukan nomor polisi”.

Setiap textbox memiliki fungsinya masing masing, pada textbox pelanggar berfungsi untuk melakukan input nomor parkir pelanggar ini didapatkan dari tiket pelapor yang diserahkan kepada operator kontrol parkir. Kemudian textbox pelapor didapatkan dari nomor area parkir seharusnya si pelanggar. Kemudian textbox hapus berfungsi untuk melakukan input nomor area parkir yang akan dihapus dari database. Textbox cari berfungsi untuk melakukan input nomor polisi kendaraan yang ingin dicari lokasi parkir yang ditempatinya.

Seperti textbox tombol – tombol yang ada juga memiliki fungsi yang berbeda, tombol swap berfungsi melakukan eksekusi apabila nomor area pelanggar pada textbox pelanggar dan nomor area parkir pelapor pada textbox pelapor sudah di masukan nilainya, kemudian aplikasi akan melakukan proses pertukaran posisi parkir antara pelanggar dan pelapor. Kemudian tombol clear dan clear all berfungsi hampir sama yaitu menghapus record namun yang membedakan adalah fungsi clear all adalah menghapus seluruh record yang terisi pada database dan mengembalikan database kedalam state kosong, sedangkan clear hanya menghapus record yang ditunjuk oleh nomor area parkir yang ada. Tombol cari juga berguna sebagai eksekusi perintah cari, namun perintah ini baru akan terlaksana apabila textbox cari sudah terisi nilainya

Label label pada aplikasi kontrol disini tidak seperti dua aplikasi sebelumnya yang memiliki label yang dinamis. Pada label di aplikasi parkir ini hanya memiliki label yang bersifat statis dan tidak bisa berubah – ubah, label disini hanya berfungsi sebagai keterangan pembantu bagi operator parkir agar mengurangi tingkat kesalahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar